oleh

5 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Smart News Tabagsel – Kebanyakan orang melakukan tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, untuk merayakan momen spesial tersebut bersama keluarga di kampung halaman.

Sebelum mudik, tentu banyak persiapan yang perlu Anda lakukan sehingga perjalanan mudik lebih menyenangkan. Dimulai dari pengecekan kendaraan, perbekalan, hingga pakaian dan bekal lainnya.

Selain itu, jangan pernah Anda lupa kesiapan rumah sebelum ditinggalkan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik dan sekembalinya dari kampung.

Berikut beberapa tips agar rumah Anda tetap aman hingga kembali pulang.

1. Jangan hanya membawa kunci pintu

Mengunci pintu sebelum meninggalkan rumah memang wajib dilakukan. Namun jangan hanya sekedar mengunci pintu. Perkuat juga dasar pintu dengan sapu atau pengganjal lainnya. Sehingga rumah Anda benar-benar terkunci dengan baik.

2. Meminta tolong tetangga untuk menerima surat dan paket

Ditinggal mudik selama seminggu, tidak menutup kemungkinan akan datangnya surat atau paket ke rumah Anda. Kotak surat dan paket yang melimpah di depan rumah menandakan bahwa rumah tersebut tidak ada orang. Mintalah seseorang yang Anda percaya untuk mengambil surat dan paket hingga Anda kembali.

3. Buat seakan-akan ada orang di rumah

Kebanyakan pencuri enggan masuk jika sebuah rumah masih ditempati. Untuk itu, atur penghitung waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis sepanjang siang dan malam.

4. Hindari mengunggah keberadaan di media sosial

Ketika merayakan Lebaran bersama keluarga, mungkin Anda tidak sabar untuk mengunggahnya di media sosial. Namun ini sama saja memberitahukan kepada pencuri bahwa rumah Anda kosong. Lebih baik tahan diri untuk mengunggah momen hingga Anda kembali.

5. Periksa jendela dan pintu

Periksa kembali jendela dan pintu sebelum Anda pergi. Jangan sampai ada kaca jendela atau pintu yang terbuka. Periksa juga semua celah hingga tidak ada titik masuk bagi para pencuri. (sumber: liputan6.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *